7 Tanda Bahwa Dia Adalah Sahabat Terbaikmu

bestf

Zaman sekarang banyak cara buat cari teman baru, entah itu lewat Facebook, Twitter, atau bahkan Paktor. Internet telah memudahkan segalanya. Namun dari sekian banyak teman yang kamu miliki, pastilah sedikit orang yang bisa menerima kamu apa-adanya dan membuat kamu nyaman. Dan biasanya orang-orang yang mampu melakukan itu akan kamu anggap sebagai sahabat. Tapi, tunggu dulu, apakah orang yang kamu anggap sahabat itu adalah ‘the real best friend‘? Berikut tanda-tanda yang menunjukan apakah dia sahabat terbaikmu atau enggak.

1. Jika kamu berbuat baik kepadanya, maka dia juga akan berbuat baik padamu.

Ini adalah tanda paling dasar dari seorang sahabat. Kebaikan pasti dibalas dengan kabaikan. Bagaimana kamu bisa percaya dia sebagai sahabatmu kalo bukan karena kebaikannya, iya kan? Sahabat itu pasti baik. Di depan atau di belakangmu dia sama. Enggak bermuka dua.

2. Jika kamu memerlukan pertolongannya, dia akan menolongmu semampunya.

Sahabat yang baik akan berusaha keras demi kebaikan sahabatnya. Di saat kamu kesusahan dia akan menolongmu semampunya. Bahkan jika perlu dia rela mengorbankan apapun yang dia punya demi melepaskanmu dari kesusahan itu. Dan di saat kamu terlepas dari kesusahan itu, dia akan merasa bahagia dan enggan meminta balasan.

3. Jika kamu menawarkan berbuat baik kepadanya, maka dia akan menyambut dengan baik.

Sahabat yang baik tau bagaimana cara menghargai perasaan sahabatnya. Ketika kamu menawarkan perbuatan baik padanya, dia akan senang hati menerimanya. Sekalipun itu dirasa tidak perlu, dia akan tetap menerimanya supaya kamu gak kecewa.

4. Jika dia melihat sesuatu yang gak baik dari dirimu, maka dia akan berupaya menutupinya.

Berapa banyak orang yang dianggap sahabat kemudian berkhianat? Cukup banyak kan? Dan rata-rata alasannya hampir sama, dia mengumbar keburukan orang yang telah menganggapnya sahabat kepada orang lain. Sahabat yang baik gak akan pernah melakukan itu. Dia akan menutupi kekurangan sahabatnya, dan mengangkat yang baik-baik dari sahabatnya.

5. Jika kamu berdiam diri (karena malu untuk meminta), maka dia akan menanyakan kesulitan yang kamu hadapi.

Gak banyak orang yang peka pada keinginan orang lain. Tapi, sahabat yang baik mengerti apa yang dirasakan sahabatnya. Paling tidak, dia akan menyakan kesulitan apa yang kamu hadapi. Dia akan berusaha menolongmu.

6. Jika bencana datang menimpamu, maka dia akan berbuat sesuatu untuk meringankan kesusahanmu itu.

Banyak orang yang datang ketika kamu dalam bencana. Beberapa dari mereka terlihat seperti orang yang sangat peduli. Tapi nyatanya mereka enggak benar-benar ingin menolongmu. Kadang mereka hanya ingin tau apa masalahmu. Kemudian pergi lagi. Sedangkan sahabat yang baik gak seperti itu.  Dia akan berbuat sesuatu yang benar-benar akan meringankan kesusahanmu itu.

7. Jika engkau merencanakan sesuatu kebaikan, maka dengan senang hati dia akan membantu rencana itu.

Sahabat yang baik akan sangat menyenangkan apabila diajak kerjasama dalam suatu kebaikan. Dia mendukung apa yang kamu rencanakan dengan tindakan, bukan cuma kata-kata. Sahabat yang baik membawamu ke jalan yang ‘terang’.

Comments

comments